Tabloid PULSA

Sabtu, 20 Desember 2008

Kunjungan lapangan Ke PDAM Bandarmasih


Rabu, 12 Nonember 2008, mahasiswa Program Studi Teknik Lingkungan Universitas Lambung Mangkurat angkatan 2007 mengadakan studi lapangan ke instalasi pengolahan air minum Perusahaan Daerah Air Minum Bandarmasih di Banjarmasin yang difasilitasi oleh Yayasan Studi Pena;. Studi lapangan ini merupakan bagian dari program mata kuliah Mekanika FLuida. Diharapkan studi lapangan ini dapat menjadi pendukung teori tentang aliran Fluida yang di dapat di bangku kuliah.

PDAM Bandarmasih Kota Banjarmasin memiliki 2 instansi pengolahan air yaitu IPA I yang terletak di jalan Jendral A. Yani No. 12 Banjarmasin yang menggunakan air baku dari sungai Martapura, dan IPA II yang terletak di jalan Pramuka Km. 6 Banjarmasin dengan air baku yang berasal dari Sungai Pematang dan Sungai Tabuk. Air bersih hasil pengolahan PDAM Bandarmasih Kota Banjarmasin didistribusikan hampir keseluruh wilayah yang ada di Banjarmasin. Untuk meningkatkan distribusi air bersih dan pelayanan kepada masyarakat maka PDAM Bandarmasih Kota Banjarmasin mengupayakan dan mengoptimalkan debit air. Usaha yang ditempuh adalah dengan cara membangun instalasi pengolahan air secara selektif dan efisien.

Pengelolaan dan produksi air minum IPAM Serpong ini dilakukan oleh pihak daerah dengan nama Perusahaan Daerah Air Minum Bandarmasih Kota Banjarmasin.Saat ini kapasitas produnksi di IPA I mencapai 560 L/det dan kapasitas produnksi di IPA II mencapai 1.000 L/det. Dengan intake dari sungai Tabuk dan sungai Bilu.

0 komentar:

 
Powered by Blogger