Tabloid PULSA

Senin, 21 Maret 2011

Hari Hutan Sedunia: Hutan, Sumber Kehidupan

Hari Hutan Sedunia?? Ada yang tau ga nih apa maksudnya??
Yupz Hari Hutan Sedunia emang ga sepopuler dengan Hari Bumi (22 April) tau Hari Lingkungan Hidup (5 Juni) yang banyak dirayain ama kalangan aktivis kampus atau organisasi yang cinta akan lingkungan.

Hari Hutan Sedunia sebenarnya sudah dirayakan oleh masyarakat dunia sekitar 30 tahun belakangan ini. Tanggal perayaannya adalah 20 Maret tp ada beberapa sumber yang bilang 21 Maret, tp disini kita bukan mendebatkan masalah tanggal tersebut tapi bagaimana kita merefleksikan yang namanya Hari Hutan di kehidupan kita.

Hutan = Air
Hidup kita tidak akan pernah lepas dengan namanya air, saking pentingnya masyarakat dunia biasanya juga merayakan  Hari Air Sedunia setiap tanggall 22 Maret. Trus apa hubungannya hutan dengan air?? kita tau sendiri Hutan merupakan tempat cadangan air tanah yg cukup besar, jika hutan tersebut telah rusak maka cadangan air juga akan bekurang bahkan pada musim penghujan akan menyebabkan banjir dan tanah longsor yang disebabkan oleh berkurangnya kekuatan tanah untuk menyimpan air efek dari rusaknya hutan.

Hutan = O2
Kita bernapas dengan menghirup oksigen dan menghasilkan karbon diosida, pasti semua sudah tau, dan passti sudah tau juga siapa yang menghasilkan oksige buat kita tersebut?? Tanaman,  yupz itu merupakan salah satu penghasil oksigen terbesar. Nah sekarang tanaman tersebut semakin berkurang (efek berkurangnya luasan huta). apakah kalian bisa membayangkan suatu waktu nanti hutan telah habis siapa lagi yang menghasilkan oksigen buat kita??

Luas Hutan Semakin Berkurang.
Yup emang sudah jadi rahasia umum luasan hutan yang ada di dunia semakin tahun semakin berkurang, baik itu sengaja dilakukan oleh manusia atau pun memang karena alam. Tapi faktor yang disenagaja oleh manusia lah yang sangat meraja lela, baik itu pembukaan hutan untuk perumahan, perusahaan, pertanian, perkebuhan bahkan pertambangan, yang tentunyatidak akan bisa kita kembalikan seperti semula lagi.

Dari berbagai sumber.

0 komentar:

 
Powered by Blogger