Tabloid PULSA

Rabu, 13 Mei 2009

Dukung Penyelamatan Penyu

Salam hangat untuk pemerhati dan pecinta lingkungan,

Saat ini WWF-Indonesia sedang menggalang petisi untuk mendapatkan dukungan terhadap usaha penghentian perdagangan dan konsumsi penyu. Dukungan masyarakat sangat berarti untuk mendorong penegakan hukum bagi aktivtas-aktivitas yang melanggar hukum tersebut. Saat ini masih marak dijumpai banyak perdagangan telur, konsumi daging penyu, serta penjualan aksesoris yang terbuat dari bagian-bagian tubuh penyu, dan seharusnya aktivitas-aktivitas yang melanggar hukum tersebut dapat ditindaklanjuti oleh aparat yang berwenang.

Landasan hukum bagi upaya penegakan hukum untuk pedagang telur penyu, pedagang penyu, pedagang aksesoris dari tubuh penyu, serta bagi konsumen produk-produk tersebut sudah jelas. Di tingkat internasional ada perjanjian yang bernama CITES (Convention on International Trade in Endangered Species of Wild Fauna & Flora) - memasukkan seluruh jenis penyu dalam Appendix 1. Ini berarti bahwa penyu terancam punah, oleh karena itu berbagai bentuk perdagangan penyu sangat dilarang dan Indonesia sudah meratifikasi CITES melalui Keputusan Pemerintah no. 43 Tahun 1978. Di tingkat nasional ada UU no. 5 tahun 1990, pasal 40 yang akan menjegal para pelanggar dengan hukuman penjara maksimal 5 tahun dan denda maksimal 100 juta rupiah.

Petisi ini nanti akan dipresentasikan dalam World Ocean Conference di Manado, 11-15 Mei 2009 kepada seluruh pihak yang berwenang dan seluruh pemangku kepentingan.

Mudah-mudahan petisi ini bisa menjadi tonggak penyelamatan "Duta Laut" yang telah bertahan sejak dinosaurus ada.

Dukung petisi melalui link ini

2 komentar:

anggaarie mengatakan...

nice info sob..

Tirta Kusuma mengatakan...

Setuju banget bos...sekarang dah marak banget jual beli dan konsumsi penyu...

salah satu tindakan bagus ada di beberapa tempat wisata di Indonesia. yaitu menyediakan tempat penangkaran penyu dan memperbolehkan para wisatawan untuk melepaskan penyu ke lautan dengan membayar sejumlah uang. Selain dapat meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar. juga menyadarkan masyarakat sekitar serta wisatawan akan pentingnya menjaga kelangsungan hidup Penyu

 
Powered by Blogger