Tabloid PULSA

Senin, 08 Juni 2009

ENVIRO IN ACTION WITH ENVIRONMENTAL DAY

Berbeda dari tahun kemaren yang tidak melakukan kegiatan apa-apa pada hari Ligkungan Hidup se-Dunia tahun ini yang diperingati tiap tangal 5 juni tiap tahunnya, kami dari Himpunan Mahasiswa Teknik Lingkungan (HIMATEKLINK) UNLAM pada tahun ini mengadakan serangkaian kegiatan yang dimulai pada hari rabu tanggal 27 Mei 2009 kemaren dan berakhir pada tanggal 7 Juni 2009.

Acara pertama yang sekaligus sebagai pembuka rangkaian kegiatan hari Lingkungan Hidup se-Dunia tahub ini dimulai dengan diadakannya lomba daur ulang tinkat SMA/sederajat yang megambil tema “Daur Ulang Plastik, Uji Kretifitasmu”, yang bertujuan untuk mengurangi sampah plastik yang ada disekitar kita dan untuk menjaga kebersihan lingkungan. Selain itu lomba ini juga bertujuan untuk mengasah kreatifitas peserta dan untuk memberikan pendidikan atau pengetahuan tentang lingkungan melalui kegiatan daur ulang.

Acara kedua dilaksanakan bertepatan dengan hari Lingkungan Hidup se-Dunia pada tanggal 5 Juni 2009 yaitu long march dari halam kampus Fakultas Teknik menuju Taman Van Der Peijl yang merupakan pusat kota Banjarbaru dengan berjalan kaki dan mebawa beberapa spanduk besar yang berisikan ajakan untuk menjaga bumi dan lingkungan. Di sana seluruh mahasiswa Teknik Lingkungan UNLAM membagikan stiker pada masyarakat yang juga berisikan ajakan untuk menjaga bumi dan lingkungan. Acara yang dikawal beberapa orang dari Sat Lantas Polresta Banjarbaru ini sempat membikin jalan A Yani di depan taman Van Der Peijl menjadi padat merayap.

Acara selanjutnya yang dilaksanakan pada hari sabtu 6 Juni 2009 adalah seminar sehari yang mengangkat tema “Air Asam Tambang, Potensi Terjadinya perubahan lingkungan Di Wilayah klaimnatan Selatan”. Seminar yang yang dilaksanakan di aula Fakultas Teknik ini mengahadirkan 5 pembicara dari intansi yang berbeda seperti Program Studi Teknik Tambang, Program Studi Teknik Lingkungan, PPLH UNLAM, BLHD Daerah Provinsi Kalsel dan dari perusahaan pertambanan PT. ARUTMIN ini dihadiri sekitar 250 peserta dari kalangan yang berbeda, baik itu mahasiswa dari beberapa program studi yang ada di Unlam Banjarbaru dan beberapa Dosen yang tertarik dengan tema yang di angkat.

Sebagai acara penutup diadak bakti sosial (baksos) kepanti asuhan yang dilakukan pada hari minggu 7 Juni 2009. Dana untuk baksos di ambil dari sumbangan yang dikumpulkan pada kegiatan-kegiatan sebelumnnya dan ditambah dengan dana dari beberapa donatur yang membantu terlaknsananya rangkaian acara ini.

Dari semua kegiatan pada tahun ini akan diambil beberapa sebagai agenda tetap yang akan di lakukan lagi pada tahun-tahun mendatang. Dan tak lupa saya ucapkan terima kasih pada seluruh pan panitia dan seluruh donatur yang telah membantu terlaksananya acara kami ini.

Tuk kata terakhir saya mewakili teman panitia pelaksana peringatan Hari Lingkungan Hidup Se-Dunia yang ke-37 dengan mengambil tema “Creative Action for Environment (CARE) 2009” mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah bersedia membantu terlaksananya kegiatan ini. Go Green... Go Enviro Squad

0 komentar:

 
Powered by Blogger